Rabu, 25 April 2012


Wisata Benteng VOC




















Benteng VOC lebih dikenal oleh masyarakat Jepara sebagai Lodji Gunung diperkirakan dibangun pada abad XVII Masehi oleh Belanda yang mengatasnamakan kepentingan penguasa Jepara pada masa itu.
Benteng ini terletak di sebuah bukit sekitar 0,5 km arah utara alun-alun Jepara dengan ketinggian 85 meter dari permukaan laut (mdpl). Di sebelah timur terdapat kompleks makam kuno yang berisi makam orang-orang Cina dan Belanda. Terdapat pula Taman Makam Pahlawan Giri Dharma.

Gerbang masuk lokasi benteng dibuat cukup megah bertuliskan Fort Japara, di dalamnya dibentuk taman dari tanaman hias dan bunga serta pohon jenis palem. Dari tembok benteng sebelah barat, kita dapat memandang teluk Jepara dan kemegahan stadion Gelora Bumi Kartini yang menjadi kebanggaan masyarakat Jepara.
Tempat ini cukup representative untuk wahana rekreasi keluarga khususnya warga kota Jepara dan sekitarnya karena baik di dalam maupun di luar benteng dipenuhi taman buatan. Bahkan di depan gerbang sebelah kiri terhampar taman buah yang berisi tanaman mangga, belimbing, jambu, bahkan sukun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar